|
Menu Close Menu

Bertolak ke Thailand, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri KTT ASEAN

Sabtu, 22 Juni 2019 | 23.23 WIB

POLICENEWS.ID Bangkok -- Kedatangan Presiden Jokowi di hotel Athenee Bangkok, Sabtu (22/6/2019) siang, disambut oleh Menlu Retno Marsudi dan Mendag Enggartiasto Lukita. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bangkok, Thailand untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN, Sabtu (22/6) pagi.
Sesuai dengan yang telah disampaikan pada Rapat Terbatas yang lalu, melalui KTT ASEAN, Presiden Jokowi akan mengajak negara-negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, agar stabilitas ekonomi di ASEAN tetap terjaga.

“Sangat penting sekali kita mengajak negara-negara ASEAN untuk bersatu,” kata Presiden Jokowi dalam pengantar Rapat Terbatas Rabu (19/6/2019).

Selain soal perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok, Presiden juga akan mengingatkan komitmen terhadap penyelesaian negosiasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang penting ditingkatkan dalam merespons perkembangan ekonomi dunia. Isu terkait percepatan perdamaian Rakhine State juga rencananya akan disinggung oleh Presiden Jokowi.

Selain menghadiri KTT ASEAN, Presiden Jokowi juga akan memimpin KTT ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit dan menghadiri pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Summit yang ke-13.

Presiden Jokowi juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pimpinan negara ASEAN.

Kepala Negara direncanakan berada di Thailand sampai dengan Minggu malam tanggal 23 Juni 2019.

Turut mendampingi Presiden dalam agenda kali ini, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Polhukam Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. 

Bagikan:

Komentar