|
Menu Close Menu

PLTMH SINJAI BORONG DIRESMIKAN

Sabtu, 12 Mei 2018 | 19.10 WIB

bacaPOL.com Takalar - Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Noor Arifin Muhammad meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Kapasitas 35 KW di Dusun Mattirotasi Desa Batu Belerang Kecamatan Sinjai Borong , Sabtu (12/5). 

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi VII, Andi Yuliani Paris, Plt. Bupati Sinjai, Wakapolres sinjai, Dandim 1424 Sinjai, Staf Ahli Bupati Sinjai, Asisten Administrasi Tata Pemerintahan, Para Kepala Opd, Para Camat Se-Kab Sinjai,  Unsur Tripika Kec. Sinjai Borong, Aparat Kecamatan Sinjai Borong dan Desa,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat  setempat. 

Sambutan Selamat Datang oleh Kepala Desa Batu Bulerang menyampaikan terima kasih banyak atas bantuan PLTMH yang sebelum ada bantuan dari  Kementerian ESDM, Desa Batu Belerang khususnya di Dusun Mattirotasi hanya diramaikan dengan suara burung dan Alhamdulillah pada sekarang ini masyarakat Desa Batu Belerang yang 72 tahun Indonesia Merdeka baru merasakan listrik di dusun ini.

"Dengan adanya bantuan dari Kementrian ESDM maka masyarakat Desa Batu Belerang langsung merasakan perubahan yang dulunya kegelapan dan sekarang sudah merasakan terang benderang. Dan saya berharap agar Kementerian bisa membantu lagi berupa Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) untuk wisata yang ada di Kecamatan Sinjai Borong khususnya di Desa Batu Belerang",harapnya.

Sambutan Plt. Bupati Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar, SE menyampaikan selamat datang kepada Kementerian  ESDM melalui Direktorat Energi Baru Terbarukan atas bantuan hibah pembangunan PLTMH semoga hal ini bisa berlanjut pada tahun yang akan datang. 

"Listrik adalah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, oleh karena itu pemerintah sangat fokus untuk mengembangkan dan melakukan pembangunan pembangkit listrik khususnya Energi baru terbarukan baik skala besar maupun skala kecil, hal ini dilakukan selain meneruskan program bapak Presiden yakni Pembangunan listrik sebesar 35.000 mega watt juga dalam rangka mengurangi pemanfaatan bahan bakar minyak yang bersumber dari fosil yang tidak dapat diperbaharui serta cadangannya semakin menipis", jelasnya.

Berdasarkan data base ketenagalistrikan rasio elektrifikasi Kabupaten Sinjai sudah mencapai lebih dari 80 % pemenuhan listrik baik jaringan PLN maupun pemanfaatan Energi Baru Terbarukan, namun sebagian masih ada desa dan dusun yang belum ada jaringan terutama daerah pegunungan dan perbukitan sedangkan daerah Kecamatan Pulau Sembilan alhamdulillah sebagian besar telah menikmati listrik PLTS, yang telah dibangun dengan sumber dana DAK dan APBN. 

Plt. Bupati Sinjai berharap kepada masyarakat agar tetap menjaga, merawat dan memelihara PLTMH ini serta kelestarian lingkungan hidup sekitarnya, semoga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama. 

"Harapan saya kepada Bapak Dirjen agar untuk tahun mendatang Kabupaten Sinjai tetap mendapatkan bantuan hibah PLTMH, karena sesungguhnya masih banyak dusun di daerah ini yang belum menikmati listrik karena sulitnya medan jalan untuk pembangunan jaringan listrik PLN",harapnya. 

Sementara itu, Noor Arifin Muhammad, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, 
menyampaikan rasa syukur adanya listrik di Mattirotasi bisa membawa perubahan untuk masyarakat, dan berharap semoga Pembangkit yang diresmikan ini bisa dirawat oleh penduduk setempat dan teman - teman di sekitar ini sehingga mereka juga bisa bahkan membuat sendiri tidak hanya merawatnya. 

Salah seorang warga masyarakat, Asdar, Desa Batu Bulerang dusun mattiro tasi merasa bersyukur setelah adanya bantuan dari Kementerian ESDM.

"Syukur Alhamdulillah karena adanya listrik ini anak-anak mudah belajar dan mudah dapat informasi dari media televisi", jelasnya. (HMsin)
Bagikan:

Komentar