|
Menu Close Menu

Bapenda Makassar Optimalkan Penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah

Selasa, 18 Mei 2021 | 07.52 WIB

 

POLICENEWS.ID MAKASSAR - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan tekad Bapenda Kota Makassar untuk meningkatkan penerimaan sektor pajak dan retribusi daerah. Buktinya target penerimaan tahun ini mengalami peningkatan dari sebelumnya. Guna mencapai target yang telah ditetapkan tersebut, Bapenda Kota Makassar tetap akan memperhatikan situasi dan kondisi dampak pandemic covid-19. 


Di samping itu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda)  Kota Makassar terus memberdayakan Laskar Peduli Pajakyang bertugas untuk memungut wajib pajak yang tak patuh maupun tunggakan pajak daerah dan restribusi daerah.  Hal ini mengingat  tunggakan pajak daerah sangat signifikan jumlahnya dan itu secara otomatis akan meningkatan realisasi APBD tahun 2021. 


Adapun strategi untuk meningkatkan penerimaan Pajak Retribusi Daerah di tengah Pandemi Covid-19 diantaranya dengan meningkatkan koordinasi dengan dinas–dinas pengelola retribusi, Perusda serta para wajib Pajak Daerah “Kami dari Bapenda akan melakukan evaluasi terhadap dinas-dinas yang kurang peduli terhadap target yang telah dibebankan pada mereka dan selanjutnya kami juga akan minta dinas ini ikut berpartisipasi  dan terlibat langsung dalam peningkatan PAD melalui sektor retribusi terutama yang dikelola oleh perangkat perangkat daerah, seperti Dinas Perhubungan  dan Dinas PUPR yang berkontribusi besar terhadap PAD pada sektor restibusi ini,” ujar Irwan Adnan. 


Kepala Bapenda Kota Makassar juga mengimbau kepada wajib pajak PBB-P2  agar mebayar kewajiban sebelum jatuh tempo dan kepada petugas penyampaian surat pemberitahuan pajak terhutang (SPPT)  PBB yang ada di kelurahan dan desa dimohon supaya SPPT tersebut disampaikan kepada masyarakat wajib pajak supaya membayarnya tepat pada waktunya. “Bapenda kota Makassar akan terus berupaya meningkatkan fasilitas serta sarana dan prasarana yang sifatnya terus menerus digunakan oleh masyarakat. Sehingga target penerimaan PAD setiap tahunnya bisa tercapai,” tutup Irwan.

Bagikan:

Komentar