|
Menu Close Menu

PLN Terangi Madrasah

Sabtu, 11 Juli 2020 | 19.35 WIB

POLICENEWS.ID JAKARTA  – PLN berkomitmen untuk mendukung kemajuan Pendidikan. Sinergi bersama Yayasan Baitul Mal, PLN memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada 33 madrasah yang tersebar di Jawa Barat dan 3 madrasah yang tersebar di Jawa tengah. Khusus di Jawa Barat, secara simbolis penyalaan dilakukan langsung oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar), Agung Nugraha, di Madrasah Tahfidz Quran, Majalaya, Jumat (10/7).

“Setelah medapatkan data dari Kementerian Agama, kami bergerak cepat melakukan sampling survei ke Madrasah yang ada di Jawa Barat dan kemudian kami lakukan penyambungan listrik," tutur Agung.

Data Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) menunjukkan belasan ribu madrasah belum teraliri listrik dan belum memiliki akses internet. Daerah dengan madrasah tak berlistrik salah satunya adalah di wilayah Jawa Barat sebanyak 2.522 madrasah. 

Menerima data Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag), PLN langsung melakukan sampling survei ke Madrasah di wilayah Jawa Barat. Dari hasil sampling yang dilakukan terhadap 146 madrasah yang terdapat dalam data, sebanyak 113 madrasah sudah berlistrik. Hanya 33 madrasah yang belum berlistrik, hal ini karena bangunan madrasah masih baru atau tidak memiliki meter sendiri sehingga menumpang ke listrik tetangga (levering).

“Setelah mengetahui data madrasah belum berlistrik ini, kami melalui Yayasan Baitul Mal PLN yang merupakan badan yang menerima zakat, infak, sodakoh dari pendapatan karyawan PLN setiap bulan, berinisiatif memberikan bantuan penyambungan listrik ke madrasah. Semoga dapat membantu keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di madrasah-madrasah,” tambah Agung.

Terkait program bantuan tersebut, Kepala Sekolah Madrasah Tahfidz Qur'an, Ust. Ahmad Saiful Rohman yang berlokasi di Kampung Sukamanah, Desa Bojongkunci, Kabupaten Bandung sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PLN bersama YBM PLN.  

“Kami sangat senang sekali dengan bantuan listrik yang sudah diberikan PLN khususnya Yayasan Baitul Mal PLN. Semoga PLN semakin sukses dunia akhirat“ ucap Ahmad.

Khusus di Jawa Tengah, bantuan sambungan listrik sinergi PLN dengan YBM PLN dilakukan di Tulung, Purbalingga dan Banyumas. 

Pengurus Yayasan Madrasah Ibtidaiyah Sudimoro yang mendapatkan bantuan penyambungan listrik, Sri Wardaya, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan, ia mengaku sangat terbantu dengan adanya sambungan listrik gratis dari PLN.

"Terima kasih atas bantuannya, dengan adanya bantuan listrik dari PLN ini, bisa menambah kondusifitas anak didik untuk kelancaran pendidikan," ujarnya.
Bagikan:

Komentar