|
Menu Close Menu

PANGDAM II/SRIWIJAYA INTRUKSIKAN KEPADA SELURUH DANSAT JAJARANNYA TENTANG KESIAPAN PENGAMANAN JELANG HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H

Rabu, 20 Mei 2020 | 18.18 WIB

POLICENEWS.ID PALEMBANG - Kodam II/Sriwijaya menggelar Rapat Koordinasi membahas Kesiapan Pengamanan sebelum dan sesudah Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H Tahun 2020

Kegiatan rapat Koordinasi yang dipimpin langsung Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., melalui Video Confrence ini, berlangsung di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Palembang, Rabu (20/05/2020).

Mengawali rapat tersebut Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan membahas kesiapan kegiatan pengamanan yang akan dilaksanakan jajarannya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H agar Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang dan Kota Prabumulih yang saat ini sudah masuk ke dalam Zona Merah dan akan mulai melaksanakan PSBB dapat berjalan tertib dan lancar.

Apalagi saat ini di Sumatera Selatan perkembangan Covid-19 semakin meningkat sehingga kita harus dapat memberikan pengertian dan himbauan kepada masyarakat untuk memahami keadaaan yang sedang terjadi saat ini untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap mengikuti himbauan pemerintah terutama tidak melaksanakan mudik, menggunakan masker apabila keluar rumah dan Physical Distancing harus tetap dijalankan.

Pangdam juga mengatakan bahwa, dalam pelaksanaan masyarakat menunaikan ibadah Sholat Hari Raya Idul Fitri nanti, sebaiknya dilaksanakan di rumah masing-masing tidak di masjid ataupun di lapangan serta tidak melaksanakan mudik lebaran.

"Bersama Polri dan Pemda di wilayah masing-masing, agar seluruh masyarakat, baik Toga, Tomas dan Toda diajak dan dihimbau untuk dapat memahami, mematuhi dan mengikuti aturan serta himbauan pemerintah agar melaksanakan Sholat Id di rumah saja dalam rangka memutus penularan Covid-19", kata Pangdam.

"Besar harapan bagi kita semua semoga Hari Raya Idul Fitri 1441 H dapat berjalan dengan baik dan lancar walaupun kita pada saat ini sedang mengalami kondisi yg sangat memprihatinkan Pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan pasti nya akan berakhir", kata Pangdam.

Tetapi kita harus tetap selalu optimis dan yakin bahwa Pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir dengan kita secara bersama-sama kompak membangun solidaritas yg baik untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

"Selain itu, tetap menjaga kesehatan, berpikir positif, rajin berolahraga untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit dan tidak lupa untuk menggunakan Masker apabila berpergian keluar rumah serta Physical Distancing tetap dijaga", ujarnya.

Penekanan lain dari Pangdam adalah tentang kesiapan Posko Pengaman yang sudah dibangun di daerah dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dan koordinasi untuk antisipasi perkembangan situasi Covid 19.

"Untuk itu, dalam melaksanakan tugas pengamanan nanti, para personel yang berada di Pos Pengamanan harus santun dalam menyampaikan himbauan kepada masyarakat", ujar Pangdam.

Lebih lanjut, bantu gugus tugas daerah untuk melaksanakan uji sample secara masif, pelacakan yang agresif, isolasi ketat serta menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

Selain itu, sambung Pangdam, laksanakan koordinasi dengan Polri, Pemda dan aparat terkait lainnya dalam membantu verifikasi data masyarakat penerima bantuan sosial dari pemerintah serta bantu pelaksanaan pendistribusian sampai ke depan pintu rumah.

Selamat bertugas, jaga moril anggota, selamat berpuasa, Selamat Hari Raya Idul Fitri. "Ayo kita bekerja lebih baik lagi dan berdoa semoga kita terhindar dari penyakit Covid-19", pungkasnya.

Sementara itu, Kakesdam II/Swj Kolonel Ckm dr. Asep Usmanto Sukarsa, S.E., S.I.P., menekankan kepada seluruh anggota harus disiplin dalam memakai masker dan jaga jarak. Pada saat pulang dari kantor baju ganti dulu sebelum masuk rumah, setelah itu mandi yang bersih baru berkumpul dengan keluarga dan jangan lupa melaksanakan olahraga.

Bagikan:

Komentar