|
Menu Close Menu

KBRI Sofia Prioritaskan Pelindungan WNI di Masa Pandemi COVID-19

Jumat, 15 Mei 2020 | 17.00 WIB

POLICENEWS.ID  Bulgaria – Pandemi COVID-19 juga berdampak pada wilayah kerja KBRI Sofia yaitu Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara. Menjawab hal tersebut, KBRI Sofia terus meningkatkan upaya pelindungan dan pelayanan bagi para WNI yang berada di ketiga negara tersebut.

Bantuan Logistik Bagi Para WNI

Sejak April 2020, KBRI Sofia secara bertahap memberikan bantuan logistik bagi WNI yang tinggal di Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara. 

Bantuan berupa bahan makanan, makanan ringan, masker, sarung tangan, dan cairan pembersih tangan. Pemberian bantuan diutamakan bagi pelajar/mahasiswa dan Pekerja Migran Indonesia (PMI). 

Sejauh ini, bantuan logistik telah disampaikan kepada seluruh WNI di Albania, 5 orang mahasiswa Indonesia di Bulgaria, dan 6 orang PMI yang bekerja di Spa Victoria Bulgaria (Sofia dan Velingrad).

Pendampingan WNI yang Tertahan di Perbatasan

KBRI Sofia juga telah mendampingi 40 WNI rombongan tur yang sempat tertahan di perbatasan Bulgaria dan Serbia pada 15 Maret 2020. 

Mereka berencana mengunjungi Serbia setelah berwisata ke Bulgaria dan Romania, tetapi ditolak masuk ke wilayah Serbia oleh karena alasan riwayat perjalanan seluruh WNI yang telah mengunjungi daerah rawan COVID-19 di Kawasan Balkan. 

KBRI Sofia memantau kondisi rombongan dan menyediakan bantuan logistik berupa makanan dan air mineral, karena saat itu di tengah kondisi lockdown. Pada 16 Maret 2020, WNI telah berhasil pulang ke Indonesia dengan selamat dengan penerbangan melalui Dubai.

Menyapa WNI melalui Sarasehan Virtual

KBRI Sofia menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Virtual mengundang para WNI di ketiga negara (22/04/2020). 

Kegiatan ini dihadiri oleh 12 perwakilan WNI dan berisi diskusi permasalahan yang dihadapai saat menghadapi pembatasan sosial di masing-masing negara.

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Indoensia untuk Bulgaria merangkap Albania, dan Makedonia Utara, Sri Astari Rasjid menghimbau agar WNI tetap tenang, menjaga kesehatan, dan mematuhi peraturan pemerintah negara setempat.

Sterilisasi Gedung KBRI dan Swab Test bagi Pegawai KBRI

Guna melindungi WNI yang bekerja di KBRI dan yang bertamu ke KBRI, sterilisasi dengan cara penyemprotan cairan disinfektan telah dilakukan pada gedung KBRI Sofia pada tanggal 15 Maret 2020.

Sterilisasi diikuti dengan pelaksanaan swab test bagi para pegawai KBRI, yang merupakan ujung tombak pelindungan WNI di wilayah akreditasi KBRI Sofia. Hasil swab test menunjukkan seluruh pegawai tidak terjangkit Covid-19.

KBRI Sofia terus memantai kesehatan dan keselamatan para WNI di tengah pandemi COVID-19. Tercatat 59 orang WNI di Bulgaria, 4 di Albania, dan 7 di Makedonia Utara; semuanya dalam kondisi sehat tidak terjangkit COVID-19.
Bagikan:

Komentar