|
Menu Close Menu

Mendagri Proaktif Libatkan Kepala Daerah Melawan Covid-19

Jumat, 20 Maret 2020 | 17.19 WIB
   
POLICENEWS.ID SERANG, BANTEN – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof.H.M. Tito Karnavian, Ph.D., kembali melaksanakan pengecekan kesiapan secara langsung Kepala Daerah dalam melakukan tindakan pencegahan dan mitigasi penyebaran Covid-19. Pada Kamis (19/03/2020), ia bertamu secara khusus ke Kantor Gubernur Banten di Jl. Syech Nawawi Al-Bantani No.1, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kota Serang, Provinsi Banten, setelah dua hari sebelumnya melaksanakan kegiatan serupa di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Selaku tuan rumah, Gubernur Banten Wahidin Halim mengucapkan apresiasi atas dukungan Mendagri selaku pembina dan pengawas pemerintahan di daerah untuk memastikan keterlibatan Kepala Daerah dalam menangani Covid-19.

“Kami berterimakasih, termasuk dukungannya dalam rangka keterlibatan kepala daerah secara proaktif untuk bersama-sama melawan Covid-19,” kata Wahidin.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof.H.M. Tito Karnavian, Ph.D., mengaku telah melakukan diskusi banyak hal dengan Gubernur Banten dan unsur Forkopimda, untuk kompak bersama dalam melawan virus tersebut.

“Hampir 3 jam kita berdiskusi dengan Forkopimda, Pak Gubernur, Pak Kapolda, Pak Danrem, juga dengan kepala daerah di Tangerang yang berdekatan dengan Jakarta, saya merasa berkepentingan untuk datang ke Banten, karena kita tahu jumlah penduduk Banten juga cukup besar, 11 juta penduduk di Banten, apalagi di daerah Tangerang, yang berdekatan dengan Ibukota Jakarta,” kata Mendagri.

Diungkapkannya, Pemerintah Provinsi telah melakukan sejumlah upaya tindakan preventif untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Ia juga mengapresiasi langkah jajaran Forkopimda Banten untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Bapak Gubernur dan jajaran, para Bupati dan para Walikota, sekaligus juga hambatan dan saran usulan yang disampaikan. Untuk Pemerintah Pusat, saya mengapresiasi bahwa sejumlah langkah telah dilakukan oleh Provinsi, Kabupaten/Kota di antaranya melakukan edukasi kepada masyarakat tentang social distancing, menjaga jarak agar tidak terjadi penularan, kemudian edukasi tentang pentingnya meningkatkan daya tahan tubuh melalui berbagai cara,” pujinya,

Adapun langkah mitigasi yang dilakukan adalah dengan membuat Command Center yang berperan untuk memantau perkembangan penularan Covid-19 yang dilengkapi dengan IT.

“Langkah mitigasi yang sudah dilakukan terhadap mereka yang terpapar Covid-19, kemudian Bapak Gubernur juga telah membuat command center, pusat komando yang dilengkapi dengan IT untuk memantau dinamika Covid-19,” ujarnya.

Dalam lawatannya kali ini, Mendagri turut didampingi oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Muhammad Hudori, Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik, Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar, Plt. Dirjen Bina Keuangan Daerah Moch. Ardian, dan Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Safrizal ZA.
Bagikan:

Komentar