|
Menu Close Menu

Pendidikan, Fokus Utama Pemerintah Dengan Alokasi 20% dari APBN

Kamis, 04 Juli 2019 | 19.33 WIB

POLICENEWS.ID Tangerang -- Pemerintah berkomitmen menjadikan pendidikan sebagai fokus utama pemerintah di tahun 2019 ini dengan alokasi 20% atau Rp152,69 triliun dari APBN atau Uang Kita

Hal ini untuk meningkatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan merata, sebab skor The Program for International Student Assessment (PISA) dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menunjukkan Indonesia masih berada di peringkat 62. Ini berarti kualitas pendidikan Indonesia masih belum optimal. 

“Indonesia masih berada di belakang beberapa negara Asia dari segi pendidikan, padahal kami telah mengeluarkan anggaran 20 persen dari APBN untuk edukasi selama 10 tahun terakhir. Ini masih belum memuaskan. Bahkan mungkin kami kecewa karena lulusan pendidikan Indonesia tidak mencapai level yang diinginkan," ujar Menkeu Sri Mulyani saat menyampaikan paparan di acara kelulusan Apple Developer Academy di Green Office Park, Tangerang, Selasa (12/03).

Pemerataan akses pendidikan serta sarana dan prasarana yang belum memadai terutama di Indonesia Timur dan daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T) termasuk memprihatinkan. Ini menjadi salah satu tantangan yang akan diperbaiki pemerintah.

Tahun 2019, Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melakukan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan dengan alokasi APBN atau #UangKita sebesar Rp6,5 triliun untuk rehabilitasi sekolah umum yang rusak, penyelesaian pembangunan kampus mangkrak, rehabilitasi madrasah dan 10 perguruan tinggi agama.

Bagikan:

Komentar