|
Menu Close Menu

Presiden Jokowi Salat Id di Masjid Istiqlal

Rabu, 05 Juni 2019 | 23.23 WIB

POLICENEWS.ID Jakarta - Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Id 1440 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Rabu pagi, 5 Juni 2019. Ribuan umat Islam juga hadir memadati masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

Presiden tiba sekira pukul 06.45 WIB dan disambut oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar beserta Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Muhammad Muzammil Basyuni.

Selanjutnya, Kepala Negara terlebih dahulu melaksanakan salat tahiyatul masjid sebelum melaksanakan rangkaian salat Id berjemaah yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al-Munawar, M.A.

Tema khotbah dalam Salat Id kali ini ialah “Idulfitri Menebar Maaf Membangun Kebersamaan” yang disampaikan oleh Guru Besar Ilmu Tafsir dan Hadis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Said menuturkan, dalam momen Idulfitri ini hendaknya seluruh umat muslim saling memaafkan. Allah SWT amat menganjurkan dan menyenangi sikap memberi dan menerima maaf.

Alquran, yang menjadi pedoman hidup umat muslim, juga mengajarkan manusia untuk tidak saling bertikai dan menebar manfaat kepada sesama.

“Bahkan Alquran terbukti mengajarkan manusia agar memiliki sifat saling mencintai, memaafkan, dan menciptakan perdamaian,” ujarnya.

Selain Presiden, tampak pula jajaran Kabinet Kerja yang di antaranya Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. Hadir pula perwakilan dari sejumlah negara sahabat.
Bagikan:

Komentar