|
Menu Close Menu

Gema Angklung pada Pembukaan Sidang UN-Habitat di Nairobi

Senin, 27 Mei 2019 | 15.05 WIB

POLICENEWS.ID ​Nairobi, Kenya – Alunan angklung menggema di sidang PBB  pertama untuk masalah pemukiman global, di Kenya (27/5). Di hadapan perwakilan dari 193 negara PBB, pertunjukan tersebut mendapat apresiasi yang meriah.

 “It was wonderful," ujar Wakil Tetap Amerika Serikat untuk UN-Habitat, Lori Dando ketika ditanya mengenai penampilan kelompok angklung asal Kenya, “Angklung and the Girls Chorale of Kenya" pada pembukaan the First UN-Habitat Assembly, 27 Mei 2019.

Pujian serupa juga disampaikan oleh duta besar negara-negara lainnya yang turut menghadiri pertemuan terebut, seperti dari Mexico, Costa Rica, dan Brazil. “very good!", ujar Duta Besar Brazil, Fernando Coimbra.

 “Angklung and the Girls Chorale of Kenya" menjadi salah satu kelompok musik yang mendapatkan kesempatan untuk membuka UN Habitat Assembly atau Majelis Perdana UN-Habitat. Sidang PBB tersebut dibuka oleh Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta. Tercatat lebih dari 4 ribu peserta yang hadir pada sidang perdana badan pembuat keputusan tertinggi PBB yang menangani isu urbanisasi dan pemukiman (settlement) tersebut.

Berbagai lagu, baik dari Indonesia, Kenya, maupun internasional dibawakan oleh kelompok tersebut. Lagu “Desaku", misalnya dibawakan secara apik dengan mengkombinasikan alunan angklung dengan paduan suara.  Secara keseluruhan, terdapat sekitar 6 lagu yang dibawakan oleh kelompok tersebut, termasuk I have a dream (internasional), Jambo (Kenya), In the Jungle (internasional), Sigulepong (Indonesia), dan Malaika (Kenya).

“Angklung and the Girls Chorale of Kenya" merupakan kelompok musik binaan KBRI Nairobi yang beranggotakan 20 pemuda pemudi Kenya.  Pelatih kelompok tersebut, Joshua Mugo, berkesempatan mendalami angklung di Saung Angklung Udjo, pada tahun 2018 lalu. Berawal dari kelompok paduan suara gereja, kelompok tersebut mulai aktif memainkan angklung sejak tahun 2017. Sejak itu, mereka telah tampil di berbagai festival kebudayaan yang diadakan di Kenya, seperti Nairobi International Cultural Festival dan ASEAN Festival.

Ridwan Kamil, yang menjadi pembicara pada acara tersebut turut menyampaikan apresiasi dan pujiannya  kepada grup tersebut. Ia bahkan mengunggah fotonya bersama seluruh anggota kelompok ke akun Instagram pribadinya. Demikian antusiasnya, Gubernur Jawa Barat tersebut berjanji akan menghadiahkan satu set angklung.
Bagikan:

Komentar