|
Menu Close Menu

GEMPABUMI TEKTONIK M 3,3 DIRASAKAN DI TAPANULI UTARA, SUMATERA UTARA

Minggu, 01 Juli 2018 | 08.33 WIB

bacaPOL.com Tapanuli Utara - Hari Sabtu, 30 Juni 2018 pukul 03.03.58 WIB, terjadi gempabumi di wilayah Tapanuli Utara. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3,3 terjadi dengan koordinat episenter pada 1,94 LU dan 99,02 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah BaratDaya Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Sebelumnya telah terjadi juga gempabumi pada pukul 03.02.44 WIB dengan parameter gempabumi berkekuatan M=2.9 pada koordinat episenter 1.90 LU dan 99.00 BT pada jarak 19 km BaratDaya Tapanuli Utara. Kedua sumber gempabumi berada pada kedalaman hiposenter 10 km.

Berdasarkan peta guncangan (shakemap) dan laporan yang diterima dari masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Sipahutar dan sekitarnya mengalami goncangan dengan skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI. 

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal. Dan berdasarkan karakteristik sinyal gempabumi menunjukkan jenis gempabumi tektonik yang diduga akibat Zona Sesar Sumatera pada Segmen Toru.

Hingga pukul 04.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.  Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Tapanuli Utara dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*
Bagikan:

Komentar