|
Menu Close Menu

Dialog Nasional Indonesia Maju ke-15

Sabtu, 07 Juli 2018 | 13.52 WIB

bacaPOL.com Mataram - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Menteri Pembangunan Desa Tertinggal Eko Putro Sandjojo, Menteri Sosial, Idrus Marham mengisi acara Dialog Nasional Indonesia Maju ke-15 yang dipandu oleh Moderator Effendy Ghazali berlangsung di hotel Lombok Raya, Mataram. Acara dialog nasional tersebut diikuti oleh 2.025 mahasiswa yang ada dari berbagai perguruan tinggi di Lombok.

Dalam acara tersebut Menpar memberikan paparan berjudul Pengembangan Pariwisata NTB dengan penjelasan Performansi, Pengembangan Pariwisata NTB , dan Digital Tourism. Pengembangan Pariwisata NTB mampu melejit sebagai hasil kerja sama Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur NTB,  TGB. Muhammad Zainul Majdi. Di antaranya adalah jumlah wisman yang melejit kenaikannya hampir 50% dari 1 juta di tahun 2015 ke 1,4 juta di tahun 2016. Pengeluaran Wisman yang ada dari kunjungan ini juga meningkat drastis dari 15,7 Triliun di tahun 2015 ke 20,8 Triliun di Tahun 2016. Jumlah Wisnuspun meningkat dari 1,1 juta di tahun 2015 ke 1,7 juta di tahun 2016.

Dalam paparannya, Menpar juga menunjukkan bagaimana Destinasi Digital dengan contoh Pasar Pancingan di Desa BileBante, Kabupaten. Lombok Tengah sebagai contoh Pariwisata yang mensejahterakan. Menurut Liputan Kompas, penyaluran kredit pariwisata 5 tahun terakhir meningkat 26,58%. Sebagai contoh Riil, Menteri Pariwisata mengajak turut hadir serta Ibu Hajah Zaenab dari Desa Bilebante, Pengusaha Makanan Lokal sekaligus mentor pedagang kuliner di Pasar Pancingan sebagai contoh peningkatan kesejahteraan. Sebelum pariwisata berkembang pesat, penghasilan Ibu Hj. Zaenab meningkat pesat dari 1,5 juta menjadi 30 juta per bulan.

Selain itu, Menpar juga menunjukkan bagaimana pembangunan di sektor pariwisata berlangsung pesat di provinsi Nusa Tenggara Barat melalui pembangunan di Destinasi Prioritas Mandalika.

Di akhir paparan Menpar menunjukkan kinerja Genpi Lombok dengan komitmen pembukaan 4 pasar digital baru di berbagai kabupaten di NTB. Sebagai penutup, Menpar dipandu Effendy Ghazali memberikan pertanyaan mengenai Destinasi Prioritas kepada perwakilan mahasiswa yang hadir di acara.

#PesonaIndonesia
Bagikan:

Komentar