|
Menu Close Menu

BMKG Medan Peringati Hari Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Nasional ke 71 Tahun 2018

Senin, 23 Juli 2018 | 17.55 WIB
bacaPOL.com  Medan - Bertempat di Kantor Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Upacara Memperingati Hari Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Nasional ke 71 Tahun 2018 dengan Tema “Membangun Jiwa Korsa dan Semangat Kemerdekaan Untuk Mendukung Lompatan Layanan Informasi MKG 4.0 Menuju Indonesia Selamat dan Sejahtera “di laksanakan. Upacara di pimpin langsung oleh Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan Bapak Edison Kurniawan, S.Si., M.Si dan di hadiri oleh seluruh Pejabat Eselon III serta seluruh Staff di lingkungan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan.

Sejarah Pengamatan Meteorologi dan Geofisika di Indonesia di mulai pada tahun 1841 di awali dengan pengamatan yang dilakukan secara perorangan oleh Dr.Onnen, kepala Rumah Sakit di Bogor. Pada tahun 1866, kegiatan pengamatan perorangan tersebut oleh pemerintah Hindia Belanda diresmikan menjadi Instansi pemerintah dengan nama Magnetisch en Meteorologich Observatorium atau observatorium Magnetik dan Meteorologi dipimpin oleh Dr. Bergsma. Pada tanggal 21 Juli 1947 Jawatan Meteorologi dan Geofisika diambil alih oleh pemerintah Belanda dan namanya di ganti menjadi Meteorologisch en Geofisiche Dienst sementara itu ada juga jawatan Meteorologi dan Geofisika yang dipertahankan oleh Pemerintah Republik Indonesia , Kedudukan Instansi tersebut dijalan Gondangdia, Jakarta. Pada tahun 1955 Jawatan Meteorologi dan Geofisika di ubah namanya menjadi Lembaga Meteorologi dan Geofisika dibawah departemen perhubungan. Pada tahun 2002 dengan keputusan Presiden RI no.46 dan 48 tahun 2002, struktur organisasinya diubah menjadi Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) dengan nama Badan Meteorologi dan Geofisika kondisi tersebut merupoakan kerja keras dan perjuangan yang diawali oleh para pejuang perintis BMKG serta secara silih berganti beberapa pemimpin yang menakhodai BMKG yang telah memberikan kontribusi dan warna bagi akselarasi pembangunan di BMKG.

Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada para pendahulu kita yang berjasa dalam membangun BMKG, serta seluruh Pegawai yang dengan tulus dan iklas telah memberikan’’sumbangsi tenaga dan pemikiran’’ dalam membangun BMKG hingga menjadi seperti ini. Akhirnya, melalui acara peringatan HMKG yang ke-71 Tahun 2018, mari kita jadikan momentum ini sebagai dasar untuk tidak hentinya melakukan Inovasi dalam memberikan layanan Informasi MKG serta berpegang teguh pasa Prinsip Cepat, Tepat, Akurat, Luas dan Mudah Dipahami.

Bagikan:

Komentar