|
Menu Close Menu

Kementerian Sosial Serius Meningkatkan Layanan Untuk Para Penyandang Disabiltas.

Jumat, 25 Mei 2018 | 15.24 WIB

bacaPOL.com Sukabumi - Dalam kunjungan Mensos Idrus ke Sukabumi pada Jumat (25/05) di Panti Aura Welas Asih, Panti Sosial Rehabilitasi Sosial (PSRS) Odiv HIV, dan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phalamarta, Mensos menekankan pentingnya meningkatkan kualitas layanan sejumlah panti. Mensos mendorong penguatan panti baik dari aspek sumber daya manusia (pendamping) maupun kualitas fisik (fasilitas) dari panti.

Di Panti Aura Welas Asih, Mensos menyerahkan bantuan sebesar Rp 80.160.000 yang dialokasikan untuk biaya makan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dirawat di Panti Aura Welas Asih selama 1 tahun.

Di Panti Sosial Rehabilitasi Sosial (PSRS) Kahuripan dan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phalamarta Sukabumi, Mensos mengapresiasi karya-karya dan semangat para binaan untuk maju dengan mengasah berbagai keterampilan seperti menjahit, memasak, membuat kerajinan tangan, bermain musik dan lain-lain.

Menuju Indonesia Bebas Pasung

Banyak persoalan kompleks yang dihadapi dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Soal bebas pasung misalnya, Idrus mencontohkan masih ada warga yang menganggap bahwa anggota keluarganya yang mengidap gangguan jiwa ialah aib.

"Soal pemasungan pemerintah perlu melakukan pendekatan, semua sektor harus terlibat mulai dari kesehatan, sosial, Pemda dan semua pihak harus terlibat melalui program-program yang jelas hingga kita benar-benar mampu mencanangkan tahun 2019 Indonesia bebas pasung," tuturnya.

"Bukan hanya merehabilitasi ODGJ tapi juga bagaimana mengedukasi keluarganya karena ada yang menganggap hal itu adalah aib keluarga kadang mereka ini tertutup dan tidak diketahui publik secara umum," kata Mensos
Bagikan:

Komentar