|
Menu Close Menu

Mengagumkan Tiga Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat

Kamis, 11 Januari 2018 | 08.10 WIB
air terjun dikuningan
Bacapol.com – Berbicara destinasi wisata tidak ada henti-hentinya. Karena wisata juga bagian dari diri manusia untuk memberi waktu bagi tubuh manusia refresing (Liburan). Banyak wisata yang ada di Indonesia yang wajib kamu kunjungi . Tidak kalah lain dengan air terjun (Curug) yang ada dikuningan ,jawa barat,tepatnya dikaki gunung ciremai.

Setiap pengunjung yang hendak berkunjung di CURUG ini memukai hati dan membayar keletihan anda untuk mencapai daerah destinasi wisata ini.

Untuk mencapai tempat ini cukup hanya memerlukan waktu 30 menit dari kota Kuningan,jawa barat. Air terjun ini berada di Desa Peusing,Kecamatan Jalaksana. Berikut ini ada beberapa jenis air terjun Mistis.

1.Air Terjun Sidomba


Air terjun Sidomba ini konon dikatakan tempat suci yang artinya hanya dengan membasuh muka di curug ini semua urusan anda akan terselesaikan. Seperti Jodoh,Rezeki,Penyakit,dan lain sebagainya.

CURUG ini sangat cocok untuk anda yang berkunjung Unik,simple. Dengan air yang sangat jernih dan dingin membuat anda berlama-lama untuk menikmatinya. Juga ditempat ini tersedia kran khusus untuk membasuh muka dan membaca Do’a

Di Curug Sidomba ini air terjunnya unik, simple, dan cocok dinikmati untuk liburan bersama keluarga atau teman karena tidaklah deras, bahkan sangat tipis dan tingginya hanya sekitar 3 meter. Namun airnya sangat jernih dan sangat dingin. Lalu apa yang membuat curug ini ramai, bahkan pada hari biasa ? Ini tidak lepas dari mitos atau kepercayaan yang banyak orang percayai bahwa, jika kita membasuh muka di curug ini akan dimudahkan segala macam urusan kita seperti rejeki, jodoh dan lain sebagainya.


Ada penjaga atau kuncen yang akan membacakan bacaan-bacaan tertentu pada saat memberikan air curug yang dijadikan untuk cuci muka tersebut. Entah bermula dari mana kepercayaan ini. Dari nama Curug Sidomba ini sendiri memiliki arti, “Curug” yang diambil dari bahasa Sunda yang berarti air terjun, dan “Sidomba” dari nama binatang domba atau kambing karena di daerah ini ada banyak terdapat domba yang memiliki tanduk lebih dari dua. Patung domba pun berdiri di gerbang Curug Sidomba.

2.Air Terjun Bangkong


Air terjun Bangkong (kodok) dalam bahasa Sunda yang berada di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang,sangat cocok untuk dikunjungi. Mitos , pada saat itu ada seorang laki-laki Pertapa dan tidak lama kemudian hilang. Namun , warga berusaha mencari tetapi tidak ditemukan .

Baca Juga : Tanjung Balai Sikota KERANG

Herannya, warga hanya mendengar suara kodok yang sering terdengar di air terjun. Petapa itu pun didengar berubah menjadi kodok (Bangkong) sehingga air terjun itu dinamai “BANGKONG”.

 3. Air Terjun Putri Palutungan

Air terjun Putri Palutungan yang berada di Palutungan, di Kecamatan Cigugur,kota Kuningan sangat cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan. Untuk menggapai tempat ini harus memerlukan tenaga ekstrad yaitu dengan cara mendaki gunung, Karena air terjun ini berada di atas gunung.
Bagikan:

Komentar