|
Menu Close Menu

Manfaat Buah Kemiri Bagi Manusia,Penumbuh Rambut dan Masakan

Sabtu, 13 Januari 2018 | 08.16 WIB
Manfaat kemiri bagi manusia
Bacapol.com – Buah kemiri yang bentuknya keras dan isinya putih sering di temukan di pasar atau jenis lainnya. Buah alami ini sering dijadikan untuk campuran makanan agar rasa semakin sedap.

Biasanya buah kemiri ini terbanyak di Sumatera utara seperti Pematang Siantar yakni Perdomuan,Kecamatan Siantar Timur,Dolok Sanggul, Prapat, dan Daerah lainnya. Buah ini dijadikan sebagai pencarian mereka,apa kamu menuju ke daera-daerah yang disebutkan ini ,kamu akan ketemu buah kemiri yang banyak sedang dijemur.

Banyak masyarakat yang masih belum mengetahui secara detail (Jelas) kegunaan kemiri bagi tubuh manusia. Pada hal setiap hari selalu digunakan ,berikut ini beberapa manfaat kemiri bagi kita setiap hari.

1.Untuk Campuran Makanan

Seperti yang diuraikan dari atas bahwasanya kemiri sering digunakan untuk campuran masakan ,agar rasa aromanya terasa sedap dan harum. Biasanya sering digunakan untuk masakan gulai yakni ,Gulai Ikan,gulai ayam,gulai daging dan bentuk masakan lainnya.

2.Untuk Penumbuh Rambut

Pada umumnya banyak orang yang mengalami kepala botak dan yang seringnya Seorang bayi selalu ada kata “BOTAK” yang artinya rambut bayi tidak ada alias kepala plotos. Lantas apa yang harus anda lakukan dengan buah kemiri ini ?.


Buah kemiri sudah diakui oleh nenek moyang kita sejak jaman dulu bahwasanya selain digunakan untuk masakan, buah kemiri juga bisa menumbuhkan rambut. Tentunya bagi anda yang baru mendengarnya pasti mengehrankan. Tetapi , buah kemiri ini memang benar-benar bisa menumbuhkan rambut secara merata.

Sebelum jauh membahasnya sebaiknya anda harus mengetahui kandungan Gizi yang ada dalam Buah Kemiri yang terselubung bagi manusia.


Kandungan Gizi

Berdasarkan onlyfoofs, kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram kemiri yaitu 473 kal energi, 24.4 ml air, 49.9 g lemak, 7.8 g protein, 876 mg kalium, 14 mg sodium, 1.060 mg fosfor, 140 mg kalsium, 410 mg magnesium, 2.7 mg zinc, 2.7 mg zat besi, 6.9 mg tembaga, serta beberapa vitamin.

Penggunaan Buah Kemiri Untuk Penumbuh Rambut

A.Siapkan Buah Kemiri

Untuk menggunakan buah kemiri terlebih dahulu siapkan bahan-bahannya untuk keperluan menumbuhkan rambut anda atau sibayi. Usahakan buah kemiri ambil yang sudah matang/Tua (Jangan ambil yang untuk makanan ,karena itu masih muda dan belum bisa digunakan untuk rambut).

B.Gongseng Buah Kemiri

Setelah anda menyiapkan buah kemiri,Gongseng lah buah ini sampai matang dan mengeluarkan wangi buah kemiri. Biasanya waktu yang digunakan untuk megongseng buah kemiri ini diperlukan sekitar 15-20 menit saja. Pastikan kemiri dalam bentuk hitam saat di gongseng.

C.Tumbuk Buah Kemiri

Apa bila buah kemiri siap di gongseng,saat ini tumbuklah sampai halus buah kemiri dan siapkan botol untuk tempat hasil tumbukan tadi.

D.Siapkan Minyak Makan

Siapkan minyak makan untuk campuran buah kemiri hasil tumbukan tadi dan satukan dalam satu botol. Ukurannya 50:50 (Jangan terlalu banyak minya dan jangan terlalu kurang).

Usahakan minyak makan yang anda gunakan bukan dari hasil beli dipasar atau yang sudah jadi ,melainkan buat sendiri. Ya! Buat sendiri. Bagaimana cara buatnya ? berikut cara buat minyak makan.

1.Siapkan Buah Kelapa (Tua)
2.Parut Buah Kelapa Hingga Merata
3.Siapkan air dan campur hasil parutan tadi kemudian peras dan jadikan santan.
4.Masaklah santan tadi di kuali dan tunggu hingga menjadi minyak makan
5.Pada saat proses masak santan,usahakan di aduk secara merata,agar hasilnya bagus dan memuaskan.
6.Setelah jadi minyak makan,baru campur dengan buah kemiri yang sudah ditumbuk tadi dan satukan dalam satu botol kecil.

Oleskan minyak kemiri di kepala
Minyak Kemiri Setelah Jadi.

Cara menggunakan Buah Kemiri di Kepala

Untuk penggunaan obat tradisional yang satu ini ,cukup dengan oleskan minyak kemiri yang sudah disatukan dalam botol tadi tepat di kepala anda dan kepala sibayi. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari yakni ,Pagi,Siang,dan malam.

Lakukanlah cara ini setiap hari sampai hasilnya benar-benar anda ketahui dan jangan stopkan penggunaan sebelum rambut anda tumbuh.
Bagikan:

Komentar